السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Susilo Penjasorkes: Formasi Permainan Sepak Bola

kata

Selamat Datang di Susilo Penjasorkes...Pendidikan adalah lapangan perjuangan, bukan tempat mencari penghidupan....Dalam olahraga terdapat kesenangan. Dalam olahraga terdapat kesehatan. Dalam olahraga terdapat perjuangan. Dalam olahraga kita menemukan banyak hal...ncoezhexagon....

Tuesday 20 January 2015

Formasi Permainan Sepak Bola



FORMASI PEMAIN DALAM SEPAK BOLA


Formasi permainan dalam sepak bola terdiri dua yaitu :
Formasi penyerangan

Tujuan formasi penyerangan yaitu untuk bisa mencetak gol ke gawang lawan dan memenangkan pertandingan.
Formasi bertahan

Tujuan dari formasi bertahan adalah untuk menjaga agar lawan tidak bisa mencetak gol ke gawnag.


Pada saat bertanding, sebuah tim atau kesebelasan pasti menggunakan formasi permainan. Tujuan penggunaan formasi ini merupakan strategi sebuah tim untuk memenangkan pertandingan dengan mencetak gol ke gawang lawan dan memenangkan pertandingan. Beberapa formasi yang sering di pakai yaitu :
Pola 4-2-4



Yang dimaksud dengan pola 4-2-4 dalam sebuah tim sepak bola terdiri atas, empat orang pemain belakang ( bertahan ), dua orang pemain tengah ( gelandang ) dan empat pemain depan ( penyerang ).

Penggunaan pola 4-2-4 dalam sebuah tim sepak bola berarti tim tersebut lebih menyerang karena menempatkan empat orang pemain depan yang bertindak sebagai penyerang. Dengan maksud agar lebih banyak peluang dapat memasukan bola ke gawang lawan.



Pola 4-4-2



Penggunaan pola 4-4-2 adalah tim tersebut menempatkan empat orang pemain belakang ( pertahanan ), empat orang pemain tengah ( gelandang ), dan dua orang pemain depan ( sebagai penyerang ). Penggunaan pola ini biasanya tim tersebut menekankan pada keseimbangan, kekuatan pertahanan dan penyerangan.



Pola 4-3-3



Pada permainan pola 4-3-3 merupakan tim tersebut menempatkan empat orang pemain belakang ( bertahan ), tiga orang pemain tengah ( gelandang ), dan tiga orang pemain depan ( penyeang ). Penggunaan pola ini lebih memperkuat penyerangan dengan menempatkan tiga pemain di posisi penyerang. Tim dengan pola ini biasanya kurang tangguh di posisi lapangan tengah, yang berperan cukup penting untuk memberikan dukungan terhadap kemampuan menyerang.


Pola 1-3-3-3



Tim yang menempatkan pola ini, menempatkan satu orang pemain belakang pertahanannya. Tepatnya sebagai pemain tengah belakang ( center back ) dan berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir sebelum penjaga gawang. Pemain pada posisi ini mepunyai ruang gerak yang sangat luas, dan biasanya sangat leluasa untuk bergerak ke segala arah



Pola 5-3-2



Pemain dengan pola 5-3-2 lebih mengutamakan pertahanan, tim ini menempatkan lima orang pemain didaerah belakang dan dimaksud untuk memperkuat daerah pertahanan dari serangan lawan. Sedangkan diposisi pemain tengah ditempatkan tiga pemain ( gelandang ), dan dua orang pemain depan sebagai prnyerang. Meskipun lebih mengutamakan pertahanan bukan berarti kesebelasan yang menerapkan pola 5-3-2 tidak melakukan penyerangan. Kesebelasan dengan pola ini mengandalkan strategi penyerangan baik sebagai penyerang kedaerah lawan,,

salam olahraga,,,,,

No comments:

Post a Comment